Arti dari Kata “Sobat Gurun”

Arti dari Kata “Sobat Gurun”. Akhir-akhir ini di dunia maya memang sering terdengar kata “sobat gurun”. Apa sih arti sobat gurun? Apakah ada hubungannya dengan dunia politik? Berikut pembahasannya.

Sobat Gurun

Sobat Gurun sebenarnya merupakan ledekan dari netizen terhadap mereka yang terlalu fanatik dengan agama yang dalam kasus ini adalah agama Islam. Sobat Gurun merupakan sebutan bagi mereka yang terlalu “kearab-araban”. Gurun sendiri mengacu pada geografis negara asal Islam tersebut yang memang terletak di gurun.

Setelah populer kata “sobat gurun”, sebenarnya beberapa player game PUBG juga membuat sebutan sendiri yakni “sobat Miramar“. bagi pemain PUBG tentu tau bahwa map Miramar merupakan kawasan yang memang didominasi oleh gurun.

Berikut beberapa julukan lain yang mengacu pada kata “sobat gurun”:

  • Sobat Miramar
  • Sobat Sunagakure

Sobat Gurun dalam Dunia Politik

Dalam dunia politik sendiri, sobat gurun diidentikkan dengan pendukung Prabowo-Sandi. Konteksnya sama seperti cebong, kampret dan julukan bernada mengejek lainnya. Hal ini disebabkan mayoritas pendukung Prabowo-Sandi dianggap terlalu fanatik dengan agama sehingga menghiraukan asas keberagaman, dan “menjual agama” demi politik.

Dalam hal ini jelas julukan “sobat gurun” salahsatunya ditujukan bagi alumni 212 yang dianggap menjual agama demi politik.

Sobat Gurun dan Sobat Empang

Entah siapa yang membuat atau menyebut “sobat empang” pertama kali, namun kata ini dipopulerkan oleh timses Nurhadi-Aldo. Dalam sebuah komentar di fanspage Dildo mereka menulis “sobat gurun dan sobat empang tetap sahabat kita semua”. Sobat empang disini mengacu pada pendukung fanatik Jokowi, yang oleh netizen juga disebut cebong. Kenapa disebut empang mungkin karena cebong hidup di air.

Oke mungkin itu saja, kalau ada yang ingin ditambahkan silahkan komentar.

Shares

7 Comments

Leave a Reply