Cara Main Untranslated Visual Novel padahal Gak Bisa Bahasa Jepang

Cara Main Untranslated Visual Novel padahal Gak Bisa Bahasa Jepang. Oke jadi karena penasaran sama SToA 2 nyoba download VN nya (cracked version pastinya) karena pengen tau alurnya. Karena gak tau bahasa jepang, nyoba nyari barangkali ada yang sudah nyediakan patch English. Eh nemu web yang nyediakan link download dengan keterangan “Language: English“, bahkan di judul artikelnya dikasih keterangan “English Patch“.

Ukuran installernya 4GB. Eh nguploadnya di Keep2Share yangmana user free cuma dilimit speednya 50KB/s. Lama juga 4GB dengan speed segitu. Tapi demi bisa main game ini dengan bahasa inggris gak apa-apa lah. Akhirnya setelah seharian lebih download, kelar juga gamenya. Udah seneng yakan… Pas diinstall… eh masih bahasa jepang. Bahkan file patchnya pun gak ada..

Yeee bangsat nunggu seharian lebih pas mau main gak mudeng bahasanya. Pengen dihapus sayang juga udah download berjam-jam. Setelah nyari-nyari di Google ternyata ada tool buat ngetranslate game VN ke bahasa Inggris. Namanya Visual Novel Reader. Pas nyoba diinstall di Windows 10, gak bisa dibuka wkwk. Babi memang. Ya wajar apps nya juga sudah gak di maintain lagi, pengembangannya sudah dihentikan sejak 2016.

Akhirnya nemu namanya Textractor. Selain berfungsi sebagai text hook, ternyaa aplikasi ini juga berfungsi menerjemahkan aksara jepang ke bahasa yang kita inginkan. Translatenya menggunakan Google Translate. beberapa kalimat jadi kacau, tapi aplikasi ini tetap membantu agar kita bisa mengikuti jalan cerita di VN. Apalagi kuping saya yang memang sudah rusak karena keseringan liat anime, jadi meski beberapa kalimat translatenya kurang sesuai, tetap paham si fmc ngomong apa karena beberapa kalimat yang ia katakan cukup familiar di telinga.

Menurut developernya sendiri, Textractor juga bisa dijalankan di Wine tanpa kendala. Jika tertarik, kalian bisa download disini. Cukup ekstrak dan jalankan file aplikasinya. Di aplikasi tersebut juga tersedia locale emulator agar aksara Jepang menjadi readable meski kalian belum men-settingnya di Windows.

Untuk tutorial videonya bisa dicek disini:

Kesimpulan

Bagi yang tidak paham bahasa jepang, ,enggunakan auto translator saat bermain Visual Novel mungkin memang tidak semenarik memainkan VN yang sudah dipatch ke bahasa inggris. Namun aplikasi auto text hook + translate seperti ini sangat membantu kita untuk memahami jalan cerita dari game yang kita mainkan.

Shares

Leave a Reply