Cara Melewati Region Restriction Crunchyroll dan Kenapa Jangan Dilakukan

Cara Melewati Region Restriction Crunchyroll dan Kenapa Jangan Dilakukan. Oke sekali-sekali postingan yang “agak bener”. Kali ini saya akan membahas Crunchyroll. Buat yang belum tau, Crunchyroll adalah perusahaan distributor, penerbit, perusahaan lisensi dan komunitas daring internasional Amerika Serikat yang fokus pada layanan streaming video media Asia Timur termasuk anime, manga, drama, musik, hiburan elektronik, dan konten. Oke, kasarnya, kita bisa streaming anime legal di Crunchyroll.

Namun bagi warga Indonesia, langganan di Crunchyroll ini seperti gak ada gunanya. Banyak anime populer yang kena region restriction alias gak bisa ditonton. Ambil contoh anime The Rising of the Shield Hero atau judul Jepang nya Tate no Yuusha no Nariagari. Meski kita sudah berlangganan, kalo diakses pasti akan menampilkan pesan error:

Sorry, due to licensing limitations, videos are unavailable in your region.

Yeeee bangsat udah langganan masih kena restriction.

Tapi sebenarnya untuk melewati pembatasan itu sangat mudah. Easy, seperti memasukkan bola basket dari jarak satu meter. Kita bisa gunakan VPN. Disini saya menggunakan VPN Proton Premium. Ya intinya gunakan VPN premium, jangan gratisan. Mampu subscribe Crunchyroll tapi masih pake VPN gratisan ya mati aja. Untuk VPN premium yang pernah saya coba bisa dicek disini.

Disini saya kasih trik. Biasanya orang yang share trik pakai VPN di Crunchyroll adalah VPN dihidupkan selama streaming. Itu goblok. Ya bikin lemot lah. Yang bener, kalian logout akun Crunchyroll > hidupkan VPN > login Crunchyroll > matikan VPN. Jadi pas streaming anime tetap pakai koneksi tanpa VPN. Meski kalian sudah terputus dengan VPN, regional kalian tetap akan dideteksi sebagai negara asal VPN (negara saat login), sehingga anime anime yang sebelumnya diblock tetap bisa diakses. Untuk lokasi VPN sendiri gunakan US atau Kanada karena di kedua negara tersebut semua anime di Crunchyroll tidak diblokir.

Ini contoh anime The Rising of the Shield Hero yang bisa dilihat setelah login dengan VPN.

Mudah bukan?

Jangan Gunakan VPN untuk Melewati Region Restriction Crunchyroll

Lah diatas dikasih triknya, kok sekarang dilarang. Gimana sih?

Oke, jadi yang harus diketahui adalah bahwa penggunaan VPN saat mengakses Crunchyroll ini melanggar kebijakan di web tersebut karena kita dianggap memanipulasi lokasi dimana kamu mengakses web tersebut.

“TaPi KaN KiTa BaYaR.. KoK MaSiH diBaTaSi. gaK aDiL donG”. Ya mau gimana lagi. Makanya kalo mau daftar itu dibaca TOS nya.

Banyak kasus pengguna VPN di Crunchyroll yang dibanned akunnya. Jadi, kalo masih sayang akun, mending jangan pakai VPN. Apalagi kalian ini orang orang susah yang kalo mau subscribe Crunchyroll harus nabung dulu berbulan-bulan. Kan kasian kalo akunnya kena banned.

Lalu Buat Apa Langganan Crunchyroll?

Gak ada manfaatnya. Jika kalian langganan Crunchyroll dengan harapan untuk meninggalkan kebiasaan nonton ilegal, mending gausah subscribe. Karena sudah hampir dipastikan anime kesukaanmu bakal kena banned disana. Bahkan menurut saya, 80% anime genre shonen kena region lock. My Hero Academia, Black Clover, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, dll tidak akan bisa diakses dari Indonesia. Dan ketika kamu mencoba mengakses anime anime tersebut menggunakan VPN, itu juga merupakan tindakan ilegal access.

Susah memang ketika beberapa orang mulai sadar dan mulai mencoba beralih ke yang lebih baik (dalam konteks ini berhenti membajak anime), malah akses kita yang dibatasi. Inilah yang akhirnya membuat orang terus membajak (atau balik lagi membajak). Saya sendiri langganan Crunchyroll bukan buat nonton legal, tapi biar bisa ngecounter wibu goblok yang kalo anime kesukaannya dikritik selalu bacot:

KaLo NoNtoN BaJaKaN GaUsaH sOk NGasiH KriTiKaN. BaJaKaN koK BacoT

./EOF

Shares

One Response

Leave a Reply