Cara Mudah Screenshot di Laptop atau PC

Cara Mudah Screenshot di Laptop atau PC. Tutorial ini saya tulis khusus untuk kalian para pemilik IQ satu digit yang tidak paham cara screenshot layar desktopnya. Jadi untuk screenshot sendiri entah itu laptop jadul entah itu laptop gaming, entah itu keyboard harga 50rb an sampai keyboard mekanikal harga jutaan sama saja.

 

Selama ada tombol PrtScr maka kalian bisa menggunakan tombol tersebut. Ya meskipun posisinya bisa saja berbeda beda, ada yang dipojok kanan atas, ada juga yang di kanan bawah seperti laptop model Thinkpad.

Rata-rata sistem operasi jaman sekarang juga sudah menyediakan fitur tersebut secara default. Di Windows kalian bisa gunakan berbagai aplikasi bawaan untuk screenshot seperti Snipping Tool atau Snip and Sketch. Beberapa kombinasi tombol yang bisa digunakan juga lumayan mudah diingat, seperti Alt + PrtScn untuk mengambil tangkapan layar dari window yang aktif, Win + Shift + S untuk menangkap layar menggunakan Snip & Sketch, Win + PrtScn untuk mengambil screenshot dari seluruh layar dan menyimpannya ke dalam bentuk file. Atau dengan menekan tombol PrtScn kalian bisa mengambil screenshot dan hasilnya tersimpan di clipboard.

Di GNU/Linux juga sama. Setiap Desktop Manager memiliki tool screenshotnya sendiri seperti XFCE dengan xfce-screenshooter nya, atau Gnome dengan gnome-screenshot. Dan semua tool screenshot tersebut sudah di bind ke tombol PrtScn secara default. Pengguna WM juga bisa menggunakan scrot untuk mengambil screenshot melalui terminal.

Masih bingung? Kalian bisa coba cari di YouTube bagaimana cara screenshot di desktop.

Intinya adalah, cara screenshot di laptop atau PC sangat mudah. Semoga tutorial ini bermanfaat dan membantu kalian agar lebih efisien dibanding harus menggunakan kamera HP untuk mengambil tangkapan layar dari laptop atau PC.

Shares

One Response

Leave a Reply