Ketika Penggemar Detektif Conan Terjebak dalam Cerita Tanpa Akhir

Ketika Penggemar Detektif Conan Terjebak dalam Cerita Tanpa Akhir. Detektif Conan adalah sebuah serial manga detektif yang ditulis dan digambar oleh Gōshō Aoyama. Sejak tahun 1994 cerita ini dipublikasikan pada majalah Mingguan Shōnen Sunday yang terbit di Jepang.

Untuk serial animenya sendiri mulai tayang tahun 1996 di Jepang. Saya sendiri pertama tertarik dengan serial ini karena animenya selalu tayang minggu pagi. Kalau tidak salah waktu itu masih TK, sekitar tahun 2002 an. Bahkan saya masih ingat dulu sampe maksa buat dibelikan komiknya di Gramedia.

Dari segi cerita sendiri bisa dikatakan ada banyak sekali perkembangan. Tentang bagaimana cara Conan mengembalikan tubuhnya ke semula (meski hanya berefek selama beberapa jam saja) setelah tubuhnya mengecil karena APTX 4869, tentang identitas Ai Haibara yang ternyata juga mantan anggota organisasi hitam yang sedang coba diungkap oleh Shinichi/Conan, tentang beberapa orang yang sudah mulai mengetahui kebenaran dibalik Nemuri no Kogoro (Sleeping Kogoro – kondisi ketika Conan membuatnya pingsan saat ingin memecahkan suatu kasus), dan masih banyak perkembangan cerita yang lain.

Namun tetap saja saya rasa “perkembangan” alur di Detektif Conan terlalu lambat. Alurnya selalu : Misteri atau kasus > Selesai dalam dua atau tiga episode (anime) > Misteri atau kasus baru > Selesai dalam dua atau tiga episode > Loop. Begitu seterusnya. kalau mau dibandingkan dengan One Piece yang sama-sama memiliki episode hampir mencapai 1000 episode, di serial Detektif Conan serasa hambar karena case akan selalu selesai dalam beberapa episode saja. Dan setelah case selesai, case baru bisa dikatakan samasekali tidak berhubungan dengan case sebelumnya. Seolah olah penonton hanya disajikan dalam cerita tanpa akhir.

Di chapter terbaru manga yang saya baca (saat artikel ini ditulis), sebenarnya mulai ada titik terang tentang siapa identitas RUM. Setidaknya beberapa karakter yang sebelumnya dicurigai sekarang bersih. Berita Shinichi yang ternyata belum mati tersebar, dan itu juga membuat organisasi hitam mulai bergerak, khususnya RUM yang menyuruh Bourbon untuk mempercepat investigasi. Namun saya rasa jika ritme ceritanya tidak berubah, kondisi yang sekarang masih jauh dari kata ending.

Jujur saja sendiri sekarang sudah tak terlalu peduli dengan setiap kasus yang ada di serial Detektif Conan. Saya hanya penasaran akan dibawa kemana cerita ini, bagaimana cerita ini akan diakhiri. Karena kalau dilihat dari perkembangan sekarang (saat artikel ini ditulis), rasanya serial ini akan lebih dari 1000 episode…

Saya tidak bilang Detektif Conan anime jelek. Malah saya bilang Detektif Conan adalah anime yang bagus. Ada rasa nostalgia juga ketika kita masih bisa melihat tontonan kita waktu kecil dulu. Tapi.. sesuatu yang bagus harus memiliki akhir.

Shares

Leave a Reply