Membedakan Akun Hode atau Fake dan Asli di Sosial Media

Membedakan Akun Hode atau fake dan Asli di Sosial Media – Karena dua hari sebelumnya rame kasus terbongkarnya orang asli di balik nama Diandra Ling (yang join di KBBD2 pasti tau), saya jadi punya ide buat bikin tulisan ini. Panduan ini bsia digunakan untuk meminimalisir kemungkinan kalian tertipu oleh akun hode atau fake di sosial media.

Ngomong-ngomong, thumbnail di artikel ini tidak ada hubungannya dengan artikel. Saya juga gak tau dia siapa, saya hanya ambil di Pexels untuk menghindari hak cipta h3h3. Oke balik ke topik, gimana sih caranya biar gak ketipu hode di dunia maya? Pastikan kalian punya prinsip berikut:

Rule #1 , semua cewek di dunia maya itu hode

Dengan memiliki prinsip tersebu8t, kalian tentu akan terhindar dari hal hal yang merugikan diri sendiri seperti baper sama akun hode, rela buang banyak duit buat beli pulsa atau item game padahal yang punya akun hode dll. Tentu saja prinsip diatas ada pengecualiannya.

Kecuali, pernah ketemu di dunia nyata

Oke berikut ada beberapa kriteria akun yang bisa di suspect sebagai akun hode.

Membedakan Akun Hode atau fake dan Asli di Sosial Media

Gak pernah nge-live

Cewek, punya sosmend, gak pernah ngelive? Hm…. suspect hode. Yaaa, okelah, beberapa cewek memang tidak mau mengumbar terlalu jauh identitasnya di sosmed. So, ini baru suspect, bukan fix hode.

Sering upload foto, tapi tidak satupun yang nge-tag temannya

Ini juga bisa dicurigai sebagai akun fake. Cewek kalo foto yang diupload udah kayak “sosialita banget”, foto di banyak tempat, di fotonya juga bareng bareng, tapi gak satupun ngetag temannya yang di foto bersama, ini perlu dicurigai. Ya meskipun di beberapa kasus ada hode yang ‘niat banget’ bikin beberapa akun dan akun akun tersebut dijadikan relasi akun hode utama agar akun hode utama terkesan punya teman di dunia nyata.

Foto dan status tidak sinkron

Maksud disini, misal nih dia sering banget upload foto lagi di dalem mobil, tapi bikin status “beliin pulsa dong, nanti ku telfon”. Gak nyambung banget kan? Orang kaya ngemis pulsa. Di kasus Diandra Ling sendiri sebenarnya kalau mau jeli di poin ini pun sudah suspect. Foto yang diupload modis banget, keliatan dari foto orangnya dari kalangan atas. Tapi di grup kok suka badword, ngomong kasar dll. Well, ini tidak nyambung sebenernya.

tapi kan…

Tapi dia pernah ngirim voice di WhatsApp, suaranya cewek. Telfon juga pernah..

Dude, fake itu bukan cuma cowok ngehode pake akun cewek. Tapi bisa aja cewek yang ngefake pake akun orang lain. So, bisa aja itu fake.

Udah tau kasus akun fake yang ernah deket sama Bayu Skak? Pernah kok dia bikin klarifikasinya di Youtube. Jadi si pemegang akun instagram yang deket sama Bayu ini beneran cewek, tapi fotonya fake. Dan untuk menguatkan bukti kalo dia itu cewek real, si cewek ini bahkan berperan sebagai Ayah, Ibu, dan Paman dari si cewek fake ini. Jadi ketika si Bayu Skak ngontak ayah, ibu dan paman si cewek, sebenernya yang pegang akun nya ya si cewek itu sendiri. Hebat banget bukan sampe kayak gitu? Ini dari cerita ini adalah, ada orang ngehode buat seru seruan, buat nipu, ada pula yang sampe “niat banget” kayak cerita Bayu Skak ini.

Mungkin itu aja sih ciri ciri yang bisa di suspect sebagai akun hode. Untuk ciri ciri lain seperti

  • Diajak telfon alesan terus
  • Kalo in game atau discord gak pernah bersuara, alesan mic rusak

Dan alasan alasan klasik lain gak perlu dijelasin lah ya. Hari gini masa masih percaya sama akun yang udah keliatan banget kalo fake.

Dan balik lagi ke pernyataan di awal, semua cewek di dumay itu hode. Udah pake itu aja, maka kalian akan terbebas dari kasus penipuan akun hode. Dan kalau kalian mencurigai akun sebagai hode, tapi kalian terlanjur akrab atau dekat, dan gak mau langsung cuek gitu aja, beberapa hal yang bisa dilakukan:

Ajak ketemu
Ajak ketemu pemilik akun tersebut. Dan kalau itu fake atau palsu biasanya dia akan beralasan beda kota, jauh, sibuk gak ada waktu dll.

Ajak video call
Kalo cewek beneran biasanya gak bakal keberatan. Kalau ini gak memungkinkan, pakai cara ketiga.

Suruh foto
Suruh foto dengan pose yang kalian tentukan. Bisa juga sambil memegang kertas dan tulisan yang kalian tentukan. Kalo dia fake atau hode, pasti nolak.

Oh iya, ketiga cara diatas hanya boleh kalian lakukan kalau kalian terlanjur dekat dengan akun yang kalian suspect sebagai akun hode. Kalau gak kenal, dan tiba tiba minta ketemu atau video call yang ada malah dibacotin “lu siapa anjg ngajak ngajak vc”. Kan gak asik…

Oke mungkin sekian artikel kali ini. Ada yang mau menambahkan??

Shares

2 Comments

Leave a Reply