Menambahkan Domain Kustom untuk Blog Tumblr

Menambahkan Domain Kustom untuk Blog Tumblr – Seperti yang sudah saya singgung di artikel sebelumnya, akses ke Tumblr diblokiroleh Kominfo. Nah untuk mengatasinya, supaya blog kita bisa diakses secara normal adalah dengan menambahkan domain custom.

Login ke Akun Tumblr

Pertama , kita login dulu di Tumblr

  • https://tumblr.com/login

img

Tambahkan CNAME Record

Nah disini saya akan mencoba untuk mengubah domain yang beralamat di ogatarina-blog.tumblr.com ke domain custom yang beralamat di tumblr.ogatarina.com.

Disini saya menggunakan DNS manager dari cloudflare. Masuk ke pengaturan DNS, dan tambahkan CNAME record untuk subdomain tumblr.ogatarina.com ke domains.tumblr.com.

img

Disini saya mematikan cloud protect atau logo awan berwarna orange karena ingin menggunakan SSL yang disediakan oleh Tumblr (Lets Encrypt). Lalu klik Add Record.

Sebagai tambahan, jika kalian berencana menggunakan custom domain dengan alamat domain utama, misal ogatarina.com, kalian harus menambahkan A record untuk @ ke alamat ip 66.6.44.4.

Masuk ke Halaman Pengaturan

Selanjutnya adalah masuk ke halaman pengaturan untuk melihat list blog yang kita miliki.

https://tumblr.com/settings/account
Lihat contoh dibawah ini. Lalu pilih blog yang url nya ingin diubah.

img

lalu klik logo pensil di Tumblr URL.

Aktifkan use custom domain.

Lalu masukkan domain custom yang sebelumnya sudah diatur di CNAME. Jika langkah-langkah diatas benar seharusnya domain bisa ditambahkan.

Akses blog dengan alamat baru

Sekarang kita coba akses blog dengan alamat baru. Disini kita coba akses tumblr.ogatarina.com. Seharusnya sudah bisa diakses tanpa ada halangan.

Oke sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan beri komentar.

Shares

Leave a Reply