[Nostalgia] Beberapa Hal Tentang Blogger Jaman Dulu

[Nostalgia] Beberapa Hal Tentang Blogger Jaman Dulu. Di artikel ini saya akan menulis beberapa hal tentang blogger jaman dulu yang mungkin sekarang sudah tidak ada. Ya sekitar tahun 2012 an sih waktu saya masih awal awal ngeblog. Dan mungkin tidak semuanya benar, ini hanya berdasarkan pengalaman saya pribadi saja.

Oke siap AKMJ kita mulai saja.

Pasang Widget “Alay”

Blogger jaman dulu suka banget pasang widget yang terkesan alay. Saya sendiri termasuk salahsatunya sih. Ini beberapa widget yang biasa dipasang oleh blogger jaman dulu:

Burung Twitter Terbang di Blog

Widget berupa animasi burung Twitter yang bergerak dan ketika di klik akan mengarah ke akun Twitter kalian.

Widget Jam Analog dan Digital

Ini sebenernya useless banget ya. Toh di masing masing device visitor pasti ada jamnya. Tapi entah kenapa dulu keren banget.

Efek Salju

Oke ini termasuk yang mainstream. Dulu masang efek salju di blog kesannya keren banget. Kalo jaman sekarang sih kayaknya udah gak ada ya haha.

Kursor Blog “Keren”

Yang dimaksud adalah kursor default diganti dengan kursor berbentuk pisau konoha atau bentuk lain. Memang rata rata pemberi tutorial akan memberikan judul “cara memasang kursor blog keren” di postingannya. Dan mungkin ini memang keren di jamannya.

Popup Selamat Datang

Ini juga dulu kesannya keren. (entah kenapa yang sekarang dirasa alay dulu keren semua). Jadi ketika kalian mengunjungi blog seseorang, akan ada alert popup “halo, siapa namamu?“dan kolom yang harus diisi. Ketika diisi dan enter, akan muncul popup kedua dengan kalimat “halo [namamu], selamat datang di blog saya“.

Running Text

Biasanya ada running text dengan marquee html yang berisi ucapan selamat datang.

Dan masih banyak widget lain.

Tau sendir lah widget widget diatas rata rata butuh javascript eksternal, dan itu kerasa banget buat blog berat. Berbeda dengan sekarang ya. Kalo sekarang orang lebih suka blog dengan tampilan simple (kalau bisa sesimple mungkin). Kalau di Gtmetrix belum hijau, oprek terus sape hijau haha..

Memasang Lagu di Blog

Jaman dulu memasang lagu di blog kayaknya juga mainstream banget. Dan entah kenapa saya dulu juga ikutan karena mikirnya keren. Mungkin kalo sekarang bakal kerasa ganggu banget ya.

Blog Isi Gado Gado dan Personal

Jaman dulu blog isi gado gado alias campuran masih banyak. Kadang ngasih tutorial blog, kadang ngasih download lagu, kadang post curhatan masalah pribadi. Random banget lah pokoknya. Ya mungkin ada beberapa yang niche nya terfokus, tapi dari yang saya temui dulu kebanyakan memang gado gado dan personal.

Masa bodoh dengan Visitor dan Adsense

Rata rata blogger jaman dulu tidak peduli dengan pengunjung harus berapa dan harus masang iklan apa. Pokok nulis saja. Saya sendiri mulai ngeblog dari 2012 dan baru daftar adsense di 2015. Ya mungkin memang tidak semuanya seperti itu, ada juga yang memang sudah menekuni bidang adsense sejak lama. Tapi dari pengalaman saya blogwalking, memang rata rata blognya lebih rame sama widget “alay” daripada sama iklan.

Ngeblog Pake Hape Java

Dulu saya ngeblog pake hape java pun semangat.  Andalannya Opera Mini Handler (mod) yang bisa copy paste. Dan karena hape nya java, tentu koneksinya juga paling kenceng EDGE. Tapi tetap aja hajar terus. Lah sekarang sudah ada android saja mau nulis malesnya minta ampun kalo gak di depan leptop. Koneksi lemot dikit langsung ditinggal. Dan ini saya rasakan sendiri. Jaman memang sudah berubah ya…

Blogwaking Sebagai Tanpa Persahabatan

Ini kerasa banget sih. Dulu hampir tiap hari komentar di postingan kawan cuma buat ngucapin selamat pagi. Dan mereka akan mengomentari postingan kita tanpa disuruh komen balik. Dari blogwalking tersebut saya sempat dekat dengan sahabat sahabat blogger seperti

dan masih banyak yang lainnya. Sayangnya sekarang sudah tidak pernah ada kontak lagi karena memang saya tidak tau sosial media mereka yang lain. Dulu kenal dan akrabnya ya lewat blog saja.

No offense, tapi memang berbeda dengan sekarang sih. Saya lihat di grub blogger mulai ada yang namanya bw 10 tab dan cendol. Tujuan blogwalkingnya sudah beda. Dulu untuk dapat komentar dan teman, sekarang untuk dapat view dan klik iklan.

Award dari Sesama Blogger

Ini ngetrend di 2012 2013 an. Jadi ketika kita sering komentar di blog sahabat, biasanya pemilik blog akan memberi award kepada kita. Awardnya sih sederhana, hanya banner simple saja.Tapi jaman dulu dapet itu rasanya seneng banget ngalahin diterima Google Adsense (karena memang belum tertarik dengan Adsense waktu itu).

Contoh award yang saya terima:

  • https://exploit.linuxsec.org/award-pertama-untuk-bocah-berisik/

Oke mungkin itu saja sih. Mungkin ada yang “seangkatan” dengan saya pengalaman apa lagi yang kalian rasakan? Ayo silahkan dishare.

Shares

3 Comments

Leave a Reply