Telinga Terasa Sakit Saat Naik Pesawat

Telinga Terasa Sakit Saat Naik Pesawat – Oke mungkin ini norak ya. Tapi karena saya orang kampung yang jarang jarang naik pesawat, pengalaman seperti ini mungkin akan sangat berharga bagi saya (untuk kedepannya). Jadi ceritanya beberapa waktu lalu ketika ada meet up h4cker.id, saya ke Jakarta naik pesawat. Dan entah kenapa itu pertamakalinya saya merasa telinga sangaaaaaatttt sakit selama perjalanan. Bahkan serasa mata pun mau copot.

gambarnya kok gak nyambung? jadi sebenernya tadi nyari gambar dengan keyword “scream girl” di pexels buat ilustrasi. Tapi munculnya malah gambar ini. gitu…

Dan selama perjalanan jujur pikiran saya malah kemana mana “wah jangan jangan gendang telinga pecah ini”, “wah ini gak bakal sembuh ini” dsb. Akhirnya nyampe bandara googling dulu barangkali nemu penyebab telinga saya sakit tadi. Akhirnya nemu deh artikel di pegipegi.com. Langsung copas aja ya.

Rasa tersumbat di telinga ini bisa terjadi akibat adanya perbedaan tekanan udara antara bagian dalam dan luar telinga ketika pesawat mulai naik atau hendak landing (mendarat). Dan rasa tersumbat ini bisa dilenyapkan dengan cara menelan ludah agar tuba (saluran di bagian dalam telinga) terbuka dan udara dapat masuk ke telinga bagian tengah.

Cara mengatasinya:

1. Makan permen
Agar saluran tuba tetap terbuka dan tekanan udara di luar dan dalam telinga sama besar, tingkatkanlah produksi air ludah kamu, travelers. Caranya adalah dengan makan atau mengulum permen secara perlahan ketika pesawat hendak take off atau mendarat. Makan permen akan memicu munculnya air ludah dan memaksa kita untuk menelannya, sehingga saluran tuba akan terbuka dan mengurangi sakit telinga saat naik pesawat.

2. Menguapi telinga
Menguapi telinga? Gimana caranya?

Sebelum berangkat/ naik pesawat, siapkan sekotak tisu di dalam tasmu. Waktu kamu udah duduk manis di kursi pesawat, segera minta segelas air panas pada pramugari. Masukkan sebanyak mungkin tisu dalam gelas sampai air terserap oleh tisu seluruhnya dan hanya menyisakan uapnya. Dekatkan gelas dan uap yang mengepul ini di telingamu dan biarkan uapnya masuk ke dalam telinga. Dengan cara ini rasa sakit pada telingamu akan hilang karena udara/uap air akan membuka sumbatan pada saluran tuba dan melepaskan udara yang terperangkap di dalamnya.

3. Menguap
Menguap juga ampuh untuk mengatasi sakit telinga saat naik pesawat, travelers. Menguap akan membebaskan udara yang terjebak dalam saluran tubamu, sehingga telingamu nggak akan terasa sakit.

4. Minum air putih
Cara ini bisa kamu terapkan buat adik, keponakan atau anak kandungmu yang ikut naik pesawat bersamamu. Jika mereka mengeluh pusing atau rewel ketika pesawat sedang take off, segera beri mereka air putih atau susu untuk mengurangi gejala oklusi tuba yang dialaminya.

5. Menutup hidung
Nggak ada permen, nggak ada air panas dan kamu sedang tidak mengantuk sehingga susah memaksa tubuhmu untuk menguap. Kalo gitu tutup saja hidungmu dengan salah satu tangan, tarik nafas perlahan dan hembuskan melalui mulut tertutup agar tekanan udara mendesak saluran tuba untuk tetap terbuka.

Sebenarnya di kasus saya sendiri, rasa sakit ini kalau di kondisi normal tidak terasa. Sebelumnya saya juga sudah pernah naik pesawat dan tidak pernah mengalami rasa sakit ini. Namun di penerbangan ini memang dari awal saya sudah tidak enak badan, hidung tersumbat (karena pilek). Akhirnya terjadilah sakit telinga ini.

Dan ternyata benar saja, ketika balik ke Juanda (setelah acara selesai), tidak ada masalah dengan telinga saya selama penerbangan (karena pileknya sudah sembuh). Jadi saran saya, usahakan bepergian saat kondisi sedang fit, dan jika mengalami gejala sakit telinga saat di dalam pesawat, lakukan beberapa tips diatas.

Sekian dan salam olahraga.

Shares

Leave a Reply