Tips Dikala Kehabisan Ide Artikel di Blog

Blogger adalah tentang menulis dan berbagi. Setidaknya, itu yang saya rasakan. Dan berbagi disini bisa berbagi apa saja. Berbagi pengalaman, berbagi tutorial dan sebagainya. Nah, pernahkah kalian kehabisan ide artikel untuk ditulis di blog kalian?

Bagi pemilik blog dengan niche tutorial hal ini sudah pasti sering dialami. Lalu apa saja tips untuk kembali mendapatkan ide?

Disini saya akan membagikan tutorial atau tips bagi pemilik blog tutorial yang dalam kasus ini saya adalah penulis web tutorial bertema GNU/Linux dan juga Web Security.
Blogwalking
Blogwalking masih menjadi salahsatu cara saya untuk mendapatkan ide artikel. Tentu saja blogwalking ke blog atau web yang sama niche nya dengan blog kita. Disana kita bisa mempelajari tutorial dari penulis blog, serta memahami apa saja kekurangannya. Next, kita tinggal bahas di blog kita. Tentu saja disini kalian menulis sendiri dan test sendiri, bukan copas loh ya.
Gabung dengan Grup Facebook
Yang dimaksud gabung di grup Facebook adalah gabung dengan grup yang satu tema dengan blog tutorial kita. Tujuannya adalah mencari problem dan juga ide disana. Sebagai contoh karena saya adalah penulis blog tutorial linux, maka saya gabung di grup Ubuntu Indonesia dan grup linux lain. Nah, ketika disana ada post mengenai masala atau error dari member lain, kita bisa saja menjadikan itu bahan artikel kita.
Bermainlah ke Forum
Bermain ke forum bagi saya merupakan cara untuk mendapatkan ide. Ini tidak terbatas forum Indonesia. Bisa juga forum luar. Itulah kenapa saya banyak memiliki ID di forum linux luar negeri.
Santai..
Oke ini yang terakhir. Biasanya ketika otak stuck, kalian malah memaksa untuk terus berfikir yang berujung pada kebuntuan ide. Ketika kalian sudah mulai bingung mau menulis apa, cobalah sedikit santai.Lihat sekitarmu barangkali ada yang bisa dijadikan inspirasi.
Baiklah sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.
Shares

Leave a Reply