Tragedi “Meme Black Box” Fanspage Spongebob

Tragedi “Meme Black box” Fanspage Spongebob – Oke kali ini saya mau bahas meme yang cukup terkenal di masa nya (dan mungkin sampe sekarang masih pada inget) yaitu sebuah meme dari fanspage Spongebob yang kala itu singkatan namanya adalah ASUS ROG. Sekarang page nya udh ilang sih.

Untuk keterangannya ini saya copas aja langsung dari page Know Your Meme Indonesia – Unofficial.

“Black box” adalah sebuah gambar makro yang berasal dari salah satu episode spongebob “Idiot Box” (yang ceritanya spongebob beli TV baru hanya untuk diambil kardusnya buat dijadiin mainan untuk berimajinasi sebagai aktor dalam sebuah film dan squidward merasa curiga dengan hal yang dilakukan spongebob di dalam kotak itu). Meme ini menceritakan seseorang yang penasaran dengan sesuatu yang ada di dalam kardus sehingga ia memendam rasa penasarannya sangat lama. Kemudia orang itu membuka kardus tersebut dan dianya terkejut dan atau kesal melihat apa yang ada di dalam kardus tersebut karena isinya ternyata membuatnya terkejut, jengkel atau kombinasi dari dua perasaan tersebut.

Meme ini (versi aslinya) pertama kali di buat oleh FP ASUS ROG dan isinya sangat menyinggung SARA dan hal ini yang juga menjadi salah satu alasan FP spongebob yang lama terciduk oleh mhrax sugeblek. Kemudian, saat FP baru didrikan, mereka membuat lagi meme blackbox yang hampir sama seperti versi lama, hanya saja dibuat lebih aman pada tanggal 9 desember silam Hal inilah yang membuat meme ini kembali populer. Kemudian FP ini,pada tanggal 15 desember sliam, membuat “polosan” yang berasal dari jepretan kamera dimana hasil jepretannya berupa episode spongebob yang sedang di tayangkan di global TV yang menampilakn adegan sama persis seperti yang ada di dalam meme ini.

Oke sedikit penjelasan dari saya. Jadi Black Box yang dimaksud disini bukan blackbox pesawat, tapi “kotak hitam” yang dalam meme tersebut menyerupai Kakbah. Inilah kenapa meme tersebut meskipun mungkin bagi beberapa orang biasa saja, tapi tetap tergolong sara.

Alasan meme ini menjadi sangat terkenal karena hanya beberapa jam setelah meme ini diupload, fanspage Spongebob langsung hangus. Ya! Page nya yang hangus bukan hanya postingannya. Ini menunjukkan betapa “keras” nya meme ini. Oh iya untuk gambarnya saya gak punya yang hd, tapi ada sih burem itupun hasil nyelem kemana mana.

Ya itulah meme yang diupload waktu itu. Dan sampai sekarang ketika ada fanspage terutama fanspage shitposting memposting dengan narasi “bertahun tahun aku…” atau mengupload gambar kotak berwarna hitam pasti para likers langsung tau referensinya darimana. Biasanya mereka akan berkomentar “tragedi blackbox” dan komentar sejenis.

Mungkin sekian penjelasan saya. Semoga tercerahkan.

Shares

8 Comments

Leave a Reply